Saturday, January 25, 2020

Akhir Kisah Cinta Si Doel

Film Akhir Kisah Cinta Si Doel ini merupakan penutup trilogi Si Doel The Movie, yaitu lanjutan dari film Si Doel The Movie yang sangat menguras emosi dan jiwa, dan tentunya merupakan lanjutan dari Si Doel The Movie 2. Film ini menceritakan akhir kisah cinta segitiga Doel, Zaenab, dan Sarah setelah 27 tahun.


Dalam film ini Zaenab tengah mengandung anaknya. Dul, anak Doel dari pernikahan dengan Sarah, tinggal di rumahnya. Dul juga mengungkapkan harapannya agar orangtuanya bersatu lagi.

Akhirnya semua ending diserahkan kembali ke penonton untuk bisa menerima akhir cerita si Doel yang akhirnya memutuskan wanita pilihannya. Tentunya hal ini tidak akan dapat memuaskan penonton pro Sarah (atau pro Zaenab).

Zaenab yang positif hamil dan masih trauma pernah kehilangan buah hati di masa lalu, kini harus memilih antara tetap berada di sisi Doel, atau merelakannya demi menyatukan kembali sebuah keluarga.

Sarah harus memutuskan akan mantap bercerai dengan Doel, atau rujuk kembali demi Dul si buah hatinya. Doel pun harus cepat memutuskan siapa yang akan dia pilih, tetap bersama Zaenab atau membangun kehidupan baru bersama Sarah kembali.

Kelanjutan dan akhir kisah film ini silahkan disaksikan di bioskop kesayangan anda. Namun yang jelas film ini bukan sekedar akhir keputusan Doel untuk memilih Sarah atau Zaenab, melainkan akhir dari kisah Si Doel yang sudah berjalan selama 27 tahun.

Kisah tentang tokoh Si Doel berawal dari novel berjudul Si Doel Anak Betawi karangan Aman Datuk Madjoindo yang diterbitkan pada 1932. Empat dekade kemudian, cerita itu kemudian diadaptasi ke dalam sebuah film berjudul sama oleh Sjumandjaja pada 1972.

Kisah ini pun diangkat ke layar TV dalam sinetron berjudul Si Doel Anak Sekolahan, Si Doel Anak Gedongan (2005) dan Si Doel Anak Pinggiran (2011). Berikut adalah sinopsis cerita Si Doel.

--

Musim 1 (1994)
Kasdullah alias Doel anak pertama dari Babe Sabeni seorang supir oplet, yang menuntut ilmu di perguruan tinggi. Mak Nyak, seorang ibu rumah tangga yang membantu ekonomi keluarga dengan berjualan di warung depan rumahnya. Atun, adik perempuan Doel yang hanya menempuh pendidikan dasar. Mandra, paman dari Doel berprofesi sebagai kenek oplet, mempunyai seorang pacar bernama Munaroh.

SDAS tayang sebanyak 6 episode, menceritakan kisah Doel yang berusaha menyelesaikan kuliahnya, hingga pada akhirnya berhasil meraih gelar insinyur. Doel pertama kali bertemu dengan Sarah, gadis blasteran Belanda yang ternyata merupakan sepupu dari sahabat Doel di kampus, Hans. Berawal dari insiden tabrakan antara mobil Sarah dengan oplet Doel, perkenalan diantara keduanya berlanjut. Sarah tertarik menjadikan Doel dan keluarganya sebagai narasumber untuk skripsinya, namun hal tersebut sempat ditentang oleh Hans, lantaran khawatir Doel akan tersinggung.


Musim 2 (1994)
SDAS musim 2 sebanyak 26 episode, dengan karakter pendukung tambahan diantaranya pak Bendot mertua Mas Karyo, Cang Rohim, Cing Ipah/Ipeh, Kong Ali, Rodiyah, Ahong, Andre dan Roy.
Akhir season kedua ini karakter Zaenab pertama kali dihadirkan, dan diceritakan Sarah yang baru pulang dari Belanda mengajak Doel dan keluarganya berlibur ke Anyer.


Musim 3 (1995)
Sepeninggal kepergian alm. Sabeni, si Doel yang masih belum mendapat pekerjaan ditambah tanggung jawab sebagai kepala keluarga yang kini diembannya. Konflik antara Doel dengan Sarah dan Zaenab semakin menarik. Karakter baru muncul seperti Lala, Pak Salim dan Nyunyun yang jadi pujaan hati Mandra setelah kisah cintanya dengan Munaroh kandas. Di akhir Musim 3, dikisahkan bahwa Doel yang baru diterima kerja ditunjuk oleh perusahaan untuk berangkat ke Swiss selama 3 bulan.


Musim 4 (1998)
Sepulang dari Swiss, Doel masih harus menunggu penempatan dari perusahaan tempatnya bekerja. Sembari menunggu, ia mengisi waktu dengan mengurus oplet tuanya. Hubungan Doel dan Sarah sedikit merenggang, lantaran Sarah kecewa dengan Doel yang diam-diam memberikan oleh-oleh untuk Zaenab.


Musim 5 (2000)
Selepas kepergian Sarah ke Belanda, Doel mulai disibukkan dengan pekerjaannya. Selain itu, meninggalnya kong Ali kembali menghadirkan duka bagi keluarga si Doel. Selain kabar duka, kabar bahagia juga datang dari Atun yang dalam waktu dekat akan segera melangsungkan pernikahan dengan mas Karyo. Disamping itu, si Doel kembali mendapat penugasan dari kantornya, kali ini ke Kalimantan untuk jangka waktu yang sangat lama.

Pada saat pernikahan mas Karyo dengan Atun, Sarah mengutarakan keinginannya untuk bisa terus bersama Doel, kemudian dilanjutkan dengan berpelukan dan disambut tepuk tangan riuh keluarga dan kerabat Doel.


Musim 6 (2002)
Doel berniat melamar Sarah. Mengingat ia akan ditugaskan ke Kalimantan untuk waktu yang sangat lama, membuatnya berpikir untuk membawa hubungannya dengan Sarah ke tahap yang lebih serius. Doel memutuskan untuk melamarkan Sarah.

Zaenab yang sedang dekat dengan Henry secara mendadak diminta menikah. Hal ini dilakukan mengingat kondisi ibu Henry yang semakin memburuk dan akan segera melakukan pengobatan di luar negeri.

Hubungan Doel dan Sarah kembali renggang selepas menghadiri pernikahan Zaenab. Sarah menilai Doel tidak jujur karna sempat menemui Zaenab sebelumnya, tanpa sepengetahuannya. Mengetahui hal ini, Atun dan Mas Karyo berinisiatif menemui Sarah dirumahnya dan menjelaskan duduk permasalahan yang sebenarnya.

Doel batal ditugaskan ke Kalimantan, namun niatan untuk meminang Sarah tetap dilanjutkan. Doel pun datang menemui Sarah untuk meminta maaf serta mengutarakan niatnya untuk menikahi Sarah.


Musim 7, Si Doel Anak Gedongan (2005)
Si Doel diceritakan sudah hidup mapan dengan tinggal di rumah mewah, mobil yg bagus, serta jabatan tinggi di perusahaan.

Sementara itu, Mak Nyak kini tinggal berdua bersama Mandra yang sudah menjadi juragan kontrakan. Lalu Atun yang baru melahirkan Tubi, tinggal terpisah bersama Mas Karyo di rumah kontrakan.

Sarah yang sedang hamil menjadi sangat posesif, hal ini membuat Doel kewalahan sampai-sampai mengganggu pekerjaannya. Disamping itu, Zaenab yang juga tengah hamil menghadapi masalah dengan sikap suaminya yang berubah pasca meninggalnya sang ibu.

Doel yang masih peduli dengan Zaenab justru menyebabkan kecemburuan pada Sarah. Puncaknya, Sarah pergi meninggalkan rumah setelah ia mengetahui Doel mengantar Zaenab ke rumah sakit. Sarah mengetahui hal tersebut setelah ditelepon oleh seseorang yang ternyata adalah Ipah/Ipeh, ibu dari Zaenab.

Mengetahui Sarah pergi, Doel pun bergegas mencari keberadaan Sarah yang pergi entah ke mana. Sampai akhirnya Doel dihubungi seseorang yg mengaku mengetahui keberadaan Sarah. Doel pun datang menemui orang tersebut yg tidak lain adalah Roy, dari sanalah Doel tau bahwa Sarah pergi ke Belanda.

--


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Si_Doel_Anak_Sekolahan
https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20200122130208-220-467611/sinopsis-akhir-kisah-cinta-si-doel-antara-sarah-atau-zaenab

No comments:

Post a Comment

Related Posts